Wedangan Patimura 2

Berpikir Cerdas & Membuka Wawasan

Maret 2008: Budidaya Cacing Tanah Bagi Pelestarian Lingkungan Hidup.

Paroki, Lentera – Mengapa penting membudidayakan cacing tanah? Apa kegunaan dari cacing tanah? Pertanyaan ini mungkin menjadi pertanyaan yang muncul dalam benak para peserta wedangan Pattimura pada kali ini. Wedangan Patimura 2 Edisi Maret, Jumat (9/3) ini mengambil tema “Budidaya Cacing Tanah bagi Pelestarian Lingkungan Hidup” Menghadirkan narasumber : Bp. Ir. Agustinus Haryoto Wiro Atmojo, MM (Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sragen); Bp. Tarmin (Seorang peternak cacing dan produksen pupuk organik); Bp. Purwanto Mardi Santoso SP dan Bp. Ir. Wikanto Joko Sutejo, (DISPENTAN dan tata Penyuluhan Kabupaten Sragen)

Sebelumnya acara ini sempat diwarnai kekhawatiran akan turun hujan (karena beberapa hari sebelumnya hampir tiap malam turun hujan). Panitia Wedangan pun membuat tenda khusus agar pelaksanaan ini berjalan lancar. Puji Tuhan akhirnya acara Wedangan Patimura edisi Maret sukses terlaksana dan peserta yang hadir pun membludak lumayan banyak dari berbagai lingkungan dan kalangan, mulai dari para orang tua, ibu-ibu, kaum muda hingga anak dan remaja. Selain itu, acara ini juga di hadiri para pengurus FMKI (Forum Masyarakat Katolik Indonesia) Se-Jawa tengah yang kebetulan mengadakan pertemuan di Kota Sragen dan menyempatkan waktu untuk mengikuti acara wedangan Patimura ini. Sebagai pembuka acara, peserta diajak menyaksikan Film tentang budidaya Cacing yang dilakukan di Thailand dan juga budidaya cacing di Mojogedang, Karanganyar.

Dalam pengantarnya, Bp. A. Haryoto mengungkapkan bahwa di Thailand, dulu terkenal dengan tanaman ganja. Namun, Raja Bumipol (Raja Thailand) ingin mengubah image itu dengan menginstruksikan untuk tidak menanam ganja dan diganti dengan tanaman sayur mayur. Kemudian, mereka bekerja sama dengan Universitas, fakultas pertanian dan mencari tanaman-tanaman di dunia dari berbagai negara, termasuk tanaman-tanaman yang ada di Indonesia. Budidaya yang dikembangkan di Thailand adalah dengan menggunakan hidroponik. Tanaman-tanaman dapat berbuah dari bulan Januari sampai Desember, misalnya jeruk. Untuk menghasilkan hasil pertanian yang bermutu harus didukung dengan pupuk organik. Dan untuk mendapatkan pupuk organik ternyata juga melalui budidaya cacing agar menghasilkan pupuk organik yang berkualitas. Budidaya cacing tanah. Kascing : feses cacing, keunggulannya: meningkatkan mutu buah, mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan kesehatan tanaman. Jenis cacing yang dipelihara adalah Lumbricus rubellus. Budidaya cacing tanah ini berguna untuk membersihkan kota di di Thailand karena kotoran rumah tangga dapat digunakan untuk makanan cacing. Sampah rumah tangga seperti nasi, potongan sayuran dapat diolah menjadi kascing. Kascing ada dua jenis: yang cair maupun yang kering Kascing dapat dipanen dalam 4 bulan, cacing kering 2-3 bulan. Cacing lumbricus rubellus memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, tidak banyak bergerak.

Ada beberapa pertanyaan dan usulan yang muncul dari peserta Wedangan Patimura 2 ini: Bp. Wakidi (dari Gawan) mengungkapkan perlu adanya diklat kepada lingkungan-lingkungan agar pembicaraan ini dapat berdaya guna. Masing-masing lingkungan dapat membuat percontohan budidaya cacing, satu kilogram cacing dapat menghasilkan pupuk dalam satu bulan pupuk organik. Sedangkan dari Bp. Umar (dari Cantel) menanyakan bagaimana makanan, pasar dari budidaya cacing tanah? Bagaimana jika over produksi? Apa bedanya cacing Lumbrikus Rubrerus dengan local, jika ukuran 50 X 50? berapa berat cacing? Bp. Wandi (FMKI) bertanya tentang teknik pemanenan cacing? Untuk daerah pegunungan yang berpasir dan telah terkontaminasi dengan bahan-bahan kimian dari pupuk, bagaimana untuk memperbaiki.

Menanggapi pertanyaan ini, Bp. Haryoto menyampaikan tentang teknik mengembalikan kesuburan tanah. Bahwa dalam kenyataan di jaman orde baru, pengunaan pupuk kimia kurang berimbang. Pengembalian tanah menjadi tanah yang tidak terkontaminasi didapatkan 7 kali masa tanam. Kita harus membawa virus untuk menyebarkan budidaya cacing dan budidaya pupuk organik. Hal ini akan menjadi serentak jika di sebarkan virus-virus. Cacing untuk memancing: tampaknya lebih menguntungkan. Cacing dapat berkembang dan bertelur selama 4 bulan.

Sedangkan Bp. Tarmin (Peternak cacing tanah asal Mojogedang) mengungkapkan bahwa makanan cacing yang dibudidayakan ditempatnya sesuai dengan bobot cacing yang dibudidayakan. Misalnya, cacing yang berbobot 1 kg, diberi makan 1 kg kotoran hewan, kotoran rumah tangga. Jika kita menggunakan pupuk kimia, tanah itu akan rusak. Dalam pengembalian tanah tersebut menggunakan pupuk campuran (semi) misalnya: Urea 1 Kw, Kcl 4 Kw, 1 Kw pupuk organik sebanyak 1 ton. Tahap berikutnya, pupuk kimia dikurangi secara terus-menerus dalam beberapa kali musim tanam, dengan menggunakan 1 ton pupuk organik.

Bp. Joko, (salah satu narasumber) bercerita bagaimana cara memilah cacing dengan menggunakan cara dari film budidaya cacing yang dilakukan oleh orang Thailand. Caranya, cacing yang sudah menghasilkan cacing tidak usah diberi makan, dengan ini cacing akan berpindah mencari makan dan mencari tempat yang lembab. Secara teknik pupuk organik kurang dapat diserap oleh tanaman dari pada pupuk urea atau pupuk kimia. Karenanya untuk memperbaiki tanah agar menjadi tidak bersifat kimia dengan cara pengurangan sedikit demi sedikit. Perbedaan cacing Lubrecus Rubellus dengan yang lain, cacing Lumbrecus Rubellus adalah cacing rumahan. Cacing ini jinak dan dapat dibudidaya dengan mudah. Kotoran ternak dapat digunakan untuk makan tetapi unsur gizi dari kotoran hewan itu sangat rendah dari pada kotoran hasil rumah tangga. Pada kesempatan itu juga diungkapan bahwa serbuk sabut kelapa dan ampas tahu dapat digunakan untuk mengomptimalkan pertumbuhan cacing. Untuk membuat usaha cacing ia membutuhkan Rp.1.815.000,- untuk sewa tanah, Rp. 10.000.000,- untuk pengadaan bibit . Keuntungan dalam 4 bulan Rp.300.020.822,- jadi keuntungan bisa mencapai Rp. 2.000.000,- (tergantung besar modal dan usaha peternak, red). Hama dan musuh cacing tanah adalah semut, burung, tupai. Cacing tanah harus dipelihara dalam keadaan lembab. Cacing memiliki enzim lumbricinase, selulose, senace, Asam Akirdonat : untuk menurunkan suhu tubuh, salmonela tilfuneum, Kandungan yang omega 3 sangat tinggi dan baik untuk tubuh manusia. Cacing dapat mengubah kandungan omega 6 menjadi omega 3. Cacing tanah: memiliki prosfek untuk pengembangan ekonomi warga. Cacing dapat bermanfaat demi kehidupan manusia dari pupuk kascinga dll. Dinas Pertanian Kabupaten Sragen siap menampung hasil budidaya cacing. Di akhir acara Wedangan Patimura para peserta diajak melihat hasil budidadaya cacing tanah yakni berupa pupuk organik dan juga peralatan untuk ternak cacing tanah dan juga contoh cacing yang dipelihara yang pada kesempatan itu dibawa di acara ini.(dn)

Iklan

Maret 18, 2008 - Posted by | Uncategorized

28 Komentar »

  1. saya sedang merintis usaha ternak cacing di solo, saya tidak tahu bagaimana cara memasarkan cacing ini, bisa kah saya bergabung?? bisakah saya minta alamat nya wedangan patimura 2?
    terimakasih banyak sebelumnya..

    Komentar oleh ste | April 10, 2008 | Balas

  2. saya ada permintaan dari teman saya diluar negri untuk pengadaan cacing lumbrikus. saya berdomisili di surabaya.adakah anggota wedangan patimura 2 yang berdomisili di sekitar surabaya? atau apakah ada rekan 2 dari wedangan patimura 2 yang dapat membantu saya untuk mendapatkan cacing lumbrikus dalam jumlah besar?

    HUB: 081 23070717 ( MUDJIONO )

    Komentar oleh mudjiono | April 12, 2008 | Balas

  3. Wedangan Patimura 2 adalah forum dialog interaktif yang mengambil tema yang berbeda-beda tiap bulannya, salah satunya budidaya cacing tanah. Bagi yang ingin tahu tentang Budidaya cacing tersebut bisa menghubungi narasumber pada topik di atas:

    1. Bp. Ir. A. Haryoto (Kepala Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen)

    2. Bp. Ir. Joko Wikanto (Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen)

    Alamat:
    Kantor Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen
    Jl. Hassanudin No. 1 Sragen, Jawa Tengah
    Telp. 0271 891277
    Terima kasih…semoga bisa membantu…

    Komentar oleh wedanganpatimura2 | April 14, 2008 | Balas

  4. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://infogue.com
    http://infogue.com/lingkungan/maret_2008_budidaya_cacing_tanah_bagi_pelestarian_lingkungan_hidup_/

    Komentar oleh infogue | April 19, 2008 | Balas

  5. buat pak mudjiono, saya baru saja merintis usaha cacing ini pak.. kalo sudah ada cacing nya saya bisa hubungi bapak ya.. terimakasih banyak pak.

    Komentar oleh ste | April 19, 2008 | Balas

  6. assalamualaikum…saya dari malaysia.baru juga mahu mula ternak cacing ini..bole bapak2 kalian dapatkan sapa2 dari indonesia yang mahu membeli cacing2 saya atau bajanya.tolong ya..

    Komentar oleh fafu | Agustus 8, 2008 | Balas

  7. assalamualaikum…saya dari kediri, dimana saya dapat membeli bibitnya&berapa harganya? tolong informasinya

    Komentar oleh syamsul arifin | Agustus 12, 2008 | Balas

  8. assalamualikum… pa sya sangat tertarik utuk memulai usaha beternak cacing, tpi sya msh bingung untuk mendapatkan bibt cacing, sya mohon bantuannya bagaimana sya bisa memperoleh bibit tersebut ???
    bp bs hubungi sya via sms 085251953833..
    sya tinggal di daerah banjarbaru, kalimantan selatan, apakah bisa cacing tanah itu bs dibudidayakan didaerah sya ?

    Komentar oleh rarrat nara nalar | November 24, 2008 | Balas

  9. Salam. saya berdomisili di Jakarta dan sangat tertarik untuk merintis usaha budidaya cacing tanah. Dapatkah saya minta contact person beberapa petani cacing tanah yang bisa saya mintai konsultasi? (Email atau nomer telepon)

    Terimakasih bantuannya, semoga wedangan pattimura semakin berkembang dari masa ke masa.

    Kris

    Komentar oleh ministrans | November 28, 2008 | Balas

  10. saya tertarik dengan budidaya cacing tanah tapi saya balum sepenuhnya paham taknik budidayanya, bisa informasikan pambudiday yang ada di kalimantan timur karna saya tinggal dikaltim, jd saya bisa bs konsultasi….hub diemail saya omanherman@yahoo.co.id

    Komentar oleh oman | Desember 16, 2008 | Balas

  11. saya tinggal dinegeri terengganu, malaysia barat. di mana saya boleh dapati cacing african night crawler dan harganya berapa (satu order lebih dari 200kg)

    Komentar oleh kamaruddin salleh | Januari 3, 2009 | Balas

    • african night crawler berharga RM 400 per kg. kalau berminat bisa hubungi saya via email redjeki@ymail.com. terima kasih.

      Komentar oleh redjeki | Februari 24, 2010 | Balas

  12. Terima kasih atas segala komentar anda. JIka anda ingin informasi selengkapnya silakan hubungi langsung ke email berikut :
    Kantor Distan & KP Kabupaten Sragen: pertanian@sragenkab.go.id
    atau bisa juga email Bp. Haryoto di: haryoto@sragenkab.go.id
    Terima kasih ..semoga bisa membantu….

    Komentar oleh wedanganpatimura2 | Januari 10, 2009 | Balas

  13. saya ingin sekali budidaya cacing tanah tetapi blm mengerti macam2 jenis cacing tanah dan tehnik budidaya cacing tsb.ttp saya ingin ikut pelatihan tetapi tidak tau tempatnya kalau di jatim apa ada?di mana?dan bgmnn penjualannya?terima kasih

    Komentar oleh yudho nanggolo | Februari 9, 2009 | Balas

  14. saya sangat berminat dengan usaha ternak cacing, tapi bagaimana cara untuk mendapatkan bibit cacing. cacing apa yang mempunyai nilai komoditi yang tinggi. bagaimana cara mendapatkan bibitnya di Bengkalis Riau.

    Komentar oleh jamil | Februari 19, 2009 | Balas

  15. saya ertarik sebenarnya dengan budidaya cacing tanah ini !!
    kalo mau tau lebih dalem saya kemana ya mas ???
    mohon pencerahannya !!!

    Komentar oleh goncecs | Maret 10, 2009 | Balas

  16. Saya tinggal didaerah Cibarusah tepatnya perum KSB Bekasi,adakah rekan-rekan yang mengetahui tempat untuk mendapatkan cacing tsb

    Komentar oleh Anto | Mei 19, 2009 | Balas

  17. apakah bapak tahu pengepul cacing tanah daerah bojonegoro? berapa harga per kilonya?

    Komentar oleh dayat | Juli 14, 2009 | Balas

  18. Saya berencana untuk budidaya cacing tanah,tapi saya tidak tau harus memulai dari mana?lokasi sudah ada.cuaca didaerah saya panas dan kering apa cocok untuk budidaya cacing tanah?kalau tidak cocok apa ada cara / solusi nya?
    dan berapa modal awal untuk budidaya ini?saya sungguh sungguh berniat untuk budidaya cacing tanah.tapi harus saya pelajari dengan matang.

    Komentar oleh Damayanti | Agustus 6, 2009 | Balas

  19. Saya ingin ikut berwirausaha budidaya cacing. Tapi, belum tahu bagaimana caranya. Saya berdomisili di Solo. Mohon bantuannya.

    @ste : Pak ste bisa mengajari saya untuk beternak cacing,pak ?
    Kalau boleh tau Solonya bagian mana,pak ?

    Komentar oleh dimas | April 18, 2010 | Balas

  20. pak saya tinggal dimedan bisa ngak saya beli bibit cacing dari bapak klo bisa tolong beri tau gimana cara nya, atas penjelasan dan kerja samanya saya ucapkan trimakasih

    Komentar oleh agus tampu bolon | Mei 22, 2010 | Balas

  21. pak saya budidaya cacing tanah siap kirim ke mana saja, produksi 30kg/hari bila bapak” ada yang berminat silakan hubungin 081808419042 (rambo)

    Komentar oleh rambo | Juli 4, 2010 | Balas

  22. Saya berencana untuk budidaya cacing tanah,tapi saya tidak tau harus memulai dari mana?lokasi sudah ada.cuaca didaerah saya panas dan kering apa cocok untuk budidaya cacing tanah?kalau tidak cocok apa ada cara / solusi nya?
    dan berapa modal awal untuk budidaya ini?saya sungguh sungguh berniat untuk budidaya cacing tanah.tapi harus saya pelajari dengan matang.saya tinggal di Aceh.
    Tolong infonya ke email aidiesalam@yahoo.co.id

    Komentar oleh Aidi | Agustus 11, 2010 | Balas

  23. Assalammualaikum, Saya tertarik dengan budidaya cacing Lumbrikus ini. Adakah bukunya dijual ditoko buku di depok (jawa barat)atau wibesite tertentu. agar saya bisa mengerti dengan detail cara membudidayakannya dan juga harus dipasarkan kemana?

    Komentar oleh iwan | Februari 21, 2011 | Balas

  24. Assalammualaikum, Saya tertarik dengan budidaya cacing Lumbrikus ini. Adakah bukunya dijual ditoko buku di depok (jawa barat)atau wibesite tertentu. agar saya bisa mengerti dengan detail cara membudidayakannya dan juga harus dipasarkan kemana?email saya achmadkurniawan67@yahoo.com

    Komentar oleh iwan | Februari 21, 2011 | Balas

  25. bagaimana saya dapat info lebih lanjutna?? kok skrg web nya ga bisa d akses?? apakh ternak caingnya dah tutup??

    Komentar oleh irham | Maret 24, 2011 | Balas

  26. saya ternak cacing merah, tinggal disolo tapi bingung mau masarkannya. bagi yang minat untuk menjadi penadah mohon hub nomer ini ya. 085842700801

    Komentar oleh wasis | September 17, 2011 | Balas

  27. assalamualaikum…saya minta bantuan bapak untuk memasarkan cacing tanah saya!!!!
    kalau bisa tolong beri tahu saya alamat pengepul cacing tanah di daerah MOJOKERTO..
    saya mohon bantuan bapak..trimz..

    Komentar oleh Set Tok | Oktober 5, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: