Wedangan Patimura 2

Berpikir Cerdas & Membuka Wawasan

Dampak Jejaring Sosial Dunia Maya

Paroki Sragen (LENTERA) – Setelah absen selama 3 bulan, Sabtu (19/6) Acara Wedangan Patimura 2 kembali diadakan oleh Tim Wedangan. Acara ini sekaligus untuk memberikan bukti bahwa wedangan tidak berhenti, tetapi terus diadakan dengan berbagai tema yang menarik dan terkini. Wedangan bulan Juni ini mengambil tema yang dirasa cukup hangat dibicarakan saat ini, khususnya kaum muda, remaja dan pelajar yaitu “Jejaring Sosial Dunia Maya” dan diskusi lebih ditekankan pada dampak yang bisa muncul dari maraknya jejaring sosial yang ada di internet semacam Facebook, Twitter, dsb.

Diskusi ini tidak menghadirkan narasumber tertentu, tetapi lebih pada diskusi bersama yang dimoderatori oleh dua orang moderator, yaitu Sdr. Fajar Riadi dan Sdr. Mardhani. Diskusi dimulai dengan terlebih dahulu disampaikan sejumlah fakta dan sejarah tentang perkembangan teknologi dan khususnya jejaring sosial secara singkat oleh moderator, setelah itu seperti biasa sejumlah hiburan ditampilkan untuk menciptakan suasana yang tidak membosankan bagi peserta diskusi.

Persiapan acara yang dadakan menyebab¬kan tidak banyak peserta yang hadir dan yang hadir justru banyak didominasi oleh peserta dari luar kota sragen dan juga dihadiri oleh sejumlah tamu dari Mudika Solo Raya.

Beberapa peserta kemudian mencoba untuk mengungkapkan gagasan dan pemikiran dan tidak jarang muncul pertanyaan untuk diskusi, misalnya seperti yang disampaikan oleh Bapak Djumali yang menyampaikan sejumlah pertanyaan tentang bagaimana seharusnya peran orang tua supaya anak-anaknya tidak terjerumus dalam dampak yang negatif dari jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, dsb. Tetapi malah jadi baik dan bagaimana cara orang tua mengerti apa yang dilakukan anak dan supaya orang tua juga tidak mudah memberikan ijin kepada anak untuk hal-hal tertentu. Pak Djumali juga merasa prihatin karena banyak anak-anak yang malah lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain di depan komputer daripada belajar materi sekolah atau membantu orang tua.

Hal senada juga diungkapkan oleh peserta lain yang lebih menyoroti tentang bagaimana menyikapi dan mengantisipasi dampak negatif yang muncul pada anak sehingga justru anak dapat memanfaatkan jejaring sosial untuk hal-hal yang baik dan menguntungkan bagi mereka secara positif.

Komentar juga disampaikan oleh sejumlah peserta dari Kaum Muda Solo Raya, mereka lebih menyoroti dampak positif dari jejaring sosial yang tentunya dengan adanya jejaring sosial lebih memudahkan mereka untuk melakukan pertemanan secara luas, meyalurkan hobi dan belajar teknologi dengan lebih cepat, mereka juga menyampaikan bahwa mereka juga mengenal kaum muda dari semua paroki dengan memanfaatkan situs-situs jejaring sosial yang ada.

Acara Wedangan Patimura bulan Juni 2010 memang boleh dibilang sepi karena tidak banyak peserta yang datang, namun acara tetap meriah karena didukung hiburan yang cukup menghibur dari sejumlah anak muda paroki Sragen dan penutupan acara wedangan ini juga disampaikan oleh mbak Rosa tentang keinginan Tim Wedangan untuk mengadakan acara Wedangan ke masing-masing wilayah dengan bekerjasama dengan pengurus wilayah (Roadshow) dengan harapan memberikan pengenalan lebih luas tentang acara wedangan dan sekaligus menciptakan kebersamaan juga dengan seluruh wilayah di Paroki Sragen. (Fajar)

Iklan

Juli 13, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: